Pemilihan Rektor Unimor 2024, Stefanus Sio Kembali Terpilih dengan Hasil 60,9% Suara Senat dan Menteri

Avatar photo
Reporter : Kondradus Yohanes Klau Editor: Kaka
Dr. Ir. Stefanus Sio, M.P. Rektor Unimor Terpilih untuk masa kepemimpinan 2024-2028. Photo: Istimewa.
Dr. Ir. Stefanus Sio, M.P. Rektor Unimor Terpilih untuk masa kepemimpinan 2024-2028. Photo: Istimewa.

Kefamenanu, gardamalaka.comPemilihan Rektor Universitas Timor (Unimor) digelar hari ini, Kamis (27/6/2024) di Aula Lt. 3 Fakultas Pertanian, Sains dan Kesehatan Unimor.

Pemilihan Rektor Unimor ini dilaksanakan melalui Rapat Senat Tertutup Pemilihan Rektor Universitas Timor bersama Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

Rapat Senat dipimpin oleh Ketua Senat Unimor, Yakobus Kolne, S.IP,. M.Si, dihadiri 15 anggota Senat, Panitia Penyelenggara Pemilihan Rektor, Kandidat Calon Rektor, dan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek), yang dikuasakan kepada Direktur Riset, Teknologi, dan Pengabdian kepada Masyarakat, Prof. Dr. Ir. Faiz Syuaib, M.Agr.

Usai seremoni pembuka dan memastikan jumlah peserta yang hadir telah memenuhi quorum, Ketua Senat menyatakan Rapat Senat Tertutup Pemilihan Rektor Unimor dibuka dengan resmi.

Baca Juga :  Usai Ujian Akhir Semester Genap TA 2023/2024, Mahasiswa STP Santo Petrus KA Menuliskan Ini Buat Dosen

Selanjutnya, akan dilakukan pemilihan Rektor, yang didahului dengan penyampaian Tata Tertib Pemilihan.

Ketua Senat Unimor, Kandidat Calon Rektor Unimor, Perwakilan Menteri dalam Rapat Senat Tertutup Pemilihan Rektor Unimor 2024. Photo: Humas Unimor.
Ketua Senat Unimor, Kandidat Calon Rektor Unimor, Perwakilan Menteri dalam Rapat Senat Tertutup Pemilihan Rektor Unimor 2024. Photo: Humas Unimor.

Tata Tertib Pemilihan Rektor Unimor mengacu pada Permenristekdikti Nomor 19 tahun 2017 juncto Permendikbudristek Nomor 21 tahun 2018, dan Peraturan Senat Universitas Timor Nomor 2 Tahun 2024 tentang Perubahan atas Peraturan Senat Universitas Timor Nomor 1 Tahun 2024 tentang Tata Cara Pemilihan Rektor Universitas Timor Periode Tahun 2024 -2028.

Berdasarkan beberapa peraturan dimaksud maka pemilihan rektor akan dilakukan oleh Senat Unimor (65%) bersama Menteri (35%).

Senat Unimor berjumlah 15 orang, yang masing-masingnya memiliki 1 hak suara. Sedangkan hak suara Menteri sebanyak 35% atau 8 suara, diperoleh dari 35 dibagi 65 lalu dikali 15. Sehingga total suara yang akan diberikan pada pemilihan Rektor Unimor adalah sejumlah 23 suara sah.

Baca Juga :  Faktor-Faktor Penyebab Rendahnya Mutu Pendidikan di Indonesia dan Upaya untuk Mengatasinya

Setelah melakukan proses pemilihan bersama Menteri diperoleh hasil sebagai berikut.

  1. Dr. Ir. Stefanus Sio, M.P. memperoleh 14 suara dari total 23 suara sah atau 60,9%.
  2. Dr. Werenfridus Taena, S.P., M.Si. memperoleh 9 suara dari total 23 suara sah atau 39,1%.
  3. Dr. Ir. Paulus Klau Tahuk, S.Pt., M.P., IPU. memperoleh 0 suara dari total 23 suara sah atau 0%.

Mengacu pada hasil pemilihan tersebut maka Dr. Ir. Stefanus Sio, M.P. selaku Petahana, ditetapkan sebagai Calon Rektor Universitas Timor Terpilih untuk Periode Tahun 2024-2028 sebagaimana tertuang dalam Berita Acara Pemilihan Rektor Unimor dan Surat Keputusan Senat Universitas Timor tentang Penetapan Calon Rektor Terpilih.

Disclaimer:
Artikel Ini Merupakan Kerja Sama GardaMalaka.Com Dengan Kaka. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Kaka.

CATATAN REDAKSI: Apabila Ada Pihak Yang Merasa Dirugikan Dan /Atau Keberatan Dengan Penayangan Artikel Dan /Atau Berita Tersebut Diatas, Anda Dapat Mengirimkan Artikel Dan /Atau Berita Berisi Sanggahan Dan /Atau Koreksi Kepada Redaksi Kami Laporkan,
Sebagaimana Diatur Dalam Pasal (1) Ayat (11) Dan (12) Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 Tentang Pers.