Kefamenanu, Gardamalaka.com – Kaprodi Pendidikan Matematika Universitas Timor (Unimor), Oktovianus mamoh, S.Pd., M.Pd. menegaskan bahwa saat ini dosen dituntut untuk melakukan pengabdian sebagai bentuk pewujudan salah satu tri darma perguruan tinggi.

Hal itu disampaikan Oktovianus Mamoh saat membuka kegiatan pengabdian para dosen Pendidikan Matematika, Sabtu (4/11/2021).

“Saat ini dosen dituntut untuk melakukan tri darma perguruan tinggi, salah satunya adalah pengabdian yang dilakukan oleh tim dosen program studi pendidikan matematika,” ungkap Ketua Program Studi (Kaprodi), Oktovianus Mamoh.

Dirinya sebagai pimpinan berterima kasih kepada kepala sekolah dan guru-guru SD Negeri Sasi karena telah bersedia sebagai mitra dalam kegiatan pengabdian para dosennya ini.

Di akhir pesan pembukaan, beliau mengucapkan selamat kepada para peserta. Ia berharap kegiatan ini bermanfaat untuk anak-anak didik, secara khusus siswa di SDN sasi.

Inti Materi Dalam Kegiatan Pengabdian Dosen Pendidikan Matematika Universitas Timor Kefamenanu (Dok. Tim)
Salah satu bagian Materi dalam Kegiatan Pengabdian Dosen Pendidikan Matematika Universitas Timor Kefamenanu (Dok. Tim)

Untuk diketahui, pengabdian kali ini dilakukan berupa Workshop via Zoom. Judul yang diangkat adalah Penggunaan Alat Peraga Matematika “Kubus-Kubus Satuan” bagi Guru SD di SDN Sasi.

Informasi yang diterima redaksi, terdapat 2 (dua) orang dosen sebagai Tim pengabdi, yaitu Yohanis Ndapa Deda, S.Pd., M.Si. dan Hermina Disnawati, S.Pd., M.Pd.

Berdasarkan rilisan Tim Pengabdi, mitra pengabdian adalah Sekolah Dasar Negeri (SDN) Sasi, yang terletak di ruas jalan El Tari km 7 Sasi, Kelurahan Sasi, Kecamatan Kota Kefamenanu, Kabupaten Timor Tengah Utara.

Alasan pemilihan mitra adalah karena jarak lokasi yang cukup dekat, yaitu sekitar 2 km dari Universitas Timor.

Disampaikan Tim, inti kegiatan pengabdian ini adalah sosialisasi penggunaan alat peraga matematika dalam pembelajaran secara daring menggunakan aplikasi zoom.

Selain itu, masih ada satu bagian kegiatan yang akan dilaksanakan dalam bulan ini (September), yaitu pendampingan.

Dalam pendampingan ini, tim pengabdi mendampingi guru mitra dalam menggunakan alat peraga matematika “kubus-kubus satuan”.

Di akhir pendampingan sebagai akhir dari kegiatan pengabdian ini, Tim pengabdi akan memberikan alat peraga matematika “kubus-kubus satuan”.

Target akhir kegiatan ini adalah guru mitra mampu dan terampil menggunakan alat peraga Matematika “kubus-kubus satuan” dalam pembelajaran di kelas. (Red/GM)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here