Malaka,Gardamalaka.comPT. Inti Daya Kencana (IDK) akan memperioritaskan tenaga kerja lokal asal Malaka, saat menanam pohon mangrove secara simbolis di lokasi PT. IDK oleh Bupati Malaka Dr.Simon Nahak di kecamatan Wewiku Kab.Malaka-NTT tepatnya di Wilayah Uluklubuk,Senin 5/7/2021.

Lahan ini terjaga dan terlindungi,sehingga saya katakan bisnis apapun di pantai itu harus ada pohon mangrove itu tidak bisa tidak,harus ditanam.Dan Apresiasi terhadap PT. IDK yang sudah memperkerjakan tenaga kerja lokal Malaka sekitar 98persen, ini luar biasa.

Dr.Simon Nahak ketika ditemui beberapa awak media dilokasi PT.IDK di uluklubuk menyampaikan tenaga kerja lokal Malaka tadi sudah disampaikan oleh pak putu Mahardika,ternyata 98persen tenaganya dari Malaka.

“Saya apresiasi mengapa demikian, karena justru yang saya buat regulasi adalah setidaknya tenaga kerja kita 5 orang mereka 1 tapi ini sudah melebihi. Jadi saya pikir logisnya 75persen tapi ini sudah 98persen ini luar biasa, harapannya sehingga tetap bertahan fungsikan tenaga kerja lokal Malaka dan lebih baik ditambahkan lagi untuk di perkerjakan”.

Bersamaan pimpinan PT.IDK Putu Marhardika menjelaskan dari tanggal 2 juni telah memasukan air ke kolam pertama, ada tujuh garam penguapan dan satu garam untuk kristalisasi.Jadi butuh 15hari penguapan. Setelah air garam kegaraman tertentu akan dipindahkan ke kolam berikutnya dan itu dibutuhkan 103hari.

“Diharapkan pada bulan sepetember garam sudah terbentuk,dan kami sudah sediakan ladang untuk pengkristalan garam, ada 30hektar dan rencananya tahun ini akan mendapatkan 30ribu ton garam”.

Panen akan dilakasankan tahun depan karena kami membutuhkan beberapa alat yang kami datangkan dari Australia yang sementara ada dalam perjalanan tapi sedikit terhambat karena putusnya jembatan benenai.

“Jadi garam yang akan terbentuk di tahun ini akan kami tumpuk dulu untuk tahun depan kira-kira akan kita panen”.

Kemudian untuk tenaga kerja kita 98persen tenaga lokal Malaka dari 103 orang hanya ada 6orang yang bukan orang NTT, dan hanya 3orang NTT tapi bukan orang Malaka,selebihnya warga Malaka.

Dan untuk warga Malaka tentunya kita perkerjakan,selain tenaga yang ahli mungkin tidak ada di Malaka, baru bisa kami datangkan dari luar,sepanjang tersedia di Malaka kami akan memberdayakan tenaga kerja di Malaka.

Saat ini ada 103 tenaga kerja kemungkinan tahun depan buka di badarai 400hektar lagi mungkin akan menambah lagi tenaga kerja disana. (GM/red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here