Kefamenanu, Gardamalaka.com – Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU) menggelar berbagai lomba tingkat SMA se-Kabupaten dalam rangka menyongsong Hardiknas 2021.

Kegiatan yang dipelopori MKKS tersebut digelar di SMA Swasta Katolik Warta Bakti Kefamenanu, dimulai pada Kamis, (29/4/2021) .

Kegiatan yang akan berlangsung sampai Jumat (30/4) itu menghadirkan 4 (empat) jenis mata lomba, yakni Vokal Solo, Debat Bahasa Inggris, Debat Bahasa Indonesia, serta Cipta dan Baca Puisi.

Peserta dalam kegiatan lomba ini terdiri dari 30 SMA yang tersebar di seluruh penjuru Kabupaten TTU dengan perwakilan peserta dari masing-masing sekolah sebanyak 8 orang siswa untuk keempat jenis lomba yang telah ditentukan panitia.

Ditemui Gardamalaka.com, Ketua Panitia Romo Djanu Kura menjelaskan bahwa kegiatan yang dilakukan tersebut adalah kegiatan untuk menyongsong Hardiknas 2021.

“Dan kegitan ini diselenggarakan oleh Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU),” ujar alumnus Seminari Lalian itu.

Dibeberkan Romo Djanu, kegiatan ini diawali dengan perayaan Ekaristi di Gereja St. Yohanes Pemandi Nasleu yang dipimpin oleh Romo Deri Saba.

Disinggung mengenai respon pemerintah kabupaten (pemkab), Imam Diosesan Keuskupan Atambua itu menegaskan bahwa pemkab sangat merespon baik kegiatan ini.

“Respon Pemerintah Daerah sangat luar biasa dalam kegiatan ini. Kami patut mengucapkan terimakasih,” ungkapnya.

Terpisah, Sekretaris Panitia Dominikus Nitsae sekaligus Ketua Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kabupaten TTU memaparkan bahwa kegiatan seperti ini perlu dilakukan terus-menerus agar siswa-siswi yang memiliki pontensi dapat terus diasah.

Menurut Dominikus, jika hal itu berlangsung secara kontinu maka suatu saat akan menembus event nasional.

“Event-event seperti ini, suatu saat bisa tembus event nasional,” ujarnya.

Dijelaskannya, demi menjaga independensi dalam penilaian, panitia kegiatan menghadirkan Tim Juri yang profesional.

“Tim juri yang kita pakai dalam perlombaan ini semuanya independen baik dari Akademisi maupun para profesional lainnya,” tegasnya.

Untuk diketahui, para juri yang dihadirkan panitia adalah Martinus Lafu Salu, S.Pd., M.Pd., Drs. Rafael Demu, dan Frater Naro Nahak untuk Lomba Debat Bahasa Inggris. Selanjutnya, Jose D.C. Verdial, S.Pd., M.Pd., Metropoly M.J. Liubana, S.Pd., M.Pd., dan Maria Tosalinda Talan, S.Pd., M.Pd untuk Lomba Debat Bahasa Indonesia.

Selain itu, ada Romo Deri Saba, Pr., Ferdinandus Siki, S.Pd., M.Pd., dan Joni Soleman Nalenan, S.Pd., M.Hum untuk Lomba Cipta dan Baca Puisi, serta Kondradus Yohanes Klau, S.Pd., M.Sc., Edison Dando, dan Yuven Boikletes untuk Lomba Vokal Solo. (Laporan: Yuven Seran/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here