Betun,Gardamalaka.com Anggota Komisi IV DPR RI Fraksi PDI Perjuangan Yohanis Fransiskus Lema, S.IP, M.Si membagikan bantuan sembilan bahan pokok (sembako) kepada korban bencana alam di Kabupaten Malaka. Bantuan dibagikan oleh staf lapangan Marselinus Bria Muti S.IP dibantu tim relawan Ansy Lema kepada warga yang terdampak banjir di rumah masing-masing, di Kecamatan Malaka Barat.
Bantuan sembako ini adalah wujud kepedulian dari Anggota Komisi IV DPR RI, wakil rakyat NTT kepada korban bencana alam di Malaka. Beliau menyampaikan bahwa derita masyarakat Malaka adalah bagian dari deritanya juga sebagai wakil rakyat mereka di Senayan. Bapak Ansy juga turut berduka cita atas wafatnya korban bencana alam di Malaka, dan siap meneruskan aspirasi masyarakat Malaka yang kini terdampak bencana,” ujar Staf Lapangan Ansy Lema, Marselinus Bria Muti, S.IP di Malaka, Sabtu (10/4/2021).
Marselinus yang kerap dipanggil Elly Bria menuturkan, pembagian sembako yang dilakukan oleh Relawan Ansy Lema tersebut ditujukan kepada warga yang belum tersentuh dengan bantuan apapun baik dari pemerintah ataupun dari elemen lain. Kecamatan Malaka Barat adalah salah satu daerah paling terdampak bencana, sehingga menjadi prioritas pemberian bantuan.
“Kami dari relawan dan juga staf lapangan dari Bapak Ansy Lema datang ke tempat ini hanya membantu sebisanya kami agar selalu kuat dan  mampu mengadapi keadaan darurat saat ini dialami, kehadiran kami membawakan sembako untuk dibagikan terutama yang belum dapat bantuan sama sekali,” ungkapnya.
Elly Bria menceritakan, untuk menyalurkan bantuan kepada rumah korban yang terdampak, tim relawan Ansy Lema menerobos wilayah terdampak yang sulit diakses karena banjir. Jalan terputus dan berlumpur tidak menyulitkan semangat mereka untuk menjangkau warga yang kini sangat mengharapkan bantuan.
“Kami ingin membawa pesan Bapak Ansy bahwa upaya pemulihan dari akibat bencana ini butuh waktu yang panjang. Oleh karena itu, mari kita bersatu padu, bergotong royong, tinggalkan semua sekat dan perbedaan untuk memulai semuanya dari awal lagi,”ajaknya.
Elly juga menginformasikan bahwa dalam Rapat Kerja Rapat Kerja (Raker) Komisi IV DPR RI bersama Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Wahyu Sakti Trenggono, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Siti Nurbaya dan Menteri Pertanian RI Syahrul Yasin Limpo, Ansy Lema telah mendesak Kementerian Pertanian (Kementan), Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), dan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) agar mengalokasikan anggaran untuk pembangunan Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) pascabencana.
Sebagai salah satu daerah terdampak bencana, mata dan hati Bapak Ansy Lema selalu mendengar jeritan hati masyarakat Malaka. Beliau sudah menyampaikan kepada KLHK, KKP, dan Kementan agar terlibat aktif membantu para petani, peternak, dan nelayan di NTT, termasuk Kabupaten Malaka pascabencana,” pungkasnya.(GM/red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here