BETUN, GARDAMALAKA.COM – Potensi wisata Indonesia sangat mencengangkan, bahkan hingga dunia internasional. Selain budaya, gunung-bukit, bebatuan, hutan, ada juga pantai yang sangat potensial mendatangkan keuntungan secara ekonomis.

Salah satu daerah di Indonesia yang memiliki sejumlah potensi wisata adalah kabupaten Malaka, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Ada wisata gua alam, hutan manggrove, erupsi lumpur masin lulik, juga ada wisata pantai.

Beberapa pantai yang sering menjadi destinasi wisata baik oleh wisatawan lokal maupun luar daerah/negeri adalah Loodik, Raihenek, Motadikin, Taberek, dan tidak ketinggalan Abudenok.

Semua destinasi wisata yang disebutkan di atas menjanjikan pemandangan yang sangat memanjakan mata, serta berpotensi mendatangan keuntungan secara ekonomis.

Masyarakat pesisir dapat memanfaatkan potensi ini sebagai sumber penghidupan ekonomi keluarga.

Sayangnya belum semua pantai tersebut mendapat sentuhan baik dari pemerintah maupun stakeholder lain dalam pengembangannya.

Indahnya Panorama di Pesisir Pantai Abudenok dengan Garis Pantai membujur yang sangat memanjakan mata (Foto: Gil)
Indahnya Panorama di Pesisir Pantai Abudenok dengan Garis Pantai membujur yang sangat memanjakan mata (Foto: Gil)

Salah satu pengunjung pantai Abudenok, Malaka Barat, saat ditemui media, Minggu (10/1/2021) mengakui bahwa Abudenok adalah salah satu pantai yang sangat indah, apalagi bila ditata dengan lebih baik.

“Pantai ini (Abudenok) sangat indah. Kalau ditata lagi pasti makin bagus,” ujar Januario yang adalah mahasiswa itu.

Menurutnya, banyak hal yang bisa dieksplor lebih jauh oleh Pemerintah atau stakeholder lain, dan mendatangkan keuntungan bagi banyak pihak.

“Keuntungannya banyak, baik dari sisi ekonomi maupun pembangunan fisik. Banyak pihak pasti akan merasakan kalau segera ditata,” pungkasnya. (Gil/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here