KEFAMENANU, GARDAMALAKA.COM – Program Studi (Prodi) Pendidikan Matematika Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Timor (Unimor) menggelar Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) bagi siswa-siswi SMA/SMK/MA se-daratan Timor, dan berpuncak pada babak grandfinal hari ini, Sabtu (5/12/2020) dengan agenda presentasi 10 (sepuluh) karya terbaik.

Kegiatan yang berlangsung di Aula FIP Unimor ini dihadiri 10 (sepuluh) peserta terbaik LKTI, guru-guru pendamping dari masing-masing sekolah, para Dosen Prodi Pendidikan Matematika, dan mahasiswa/i Prodi Pendidikan Matematika FIP Unimor.

Ketua panitia Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) Tingkat SMA/SMK/MA se-daratan Timor, Patrisius Nulle, saat diwawancarai mengungkapkan, LKTI ini merupakan suatu kegiatan yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika (HIMPROSMA) Fakultas ILmu Pendidikan (FIP) Universitas Timor (UNIMOR) untuk memberikan waktu dan ruang bagi siswa-siswi SMA/SMK/MA untuk dapat menuangkan/menyalurkan potensi, prestasi, minat dan bakat menulis.

“LKTI ini dilakukan untuk menggantikan kegiatan lomba cepat tepat matematika (LCTM) yang merupakan kegiatan rutin tahunan HIMPROSMA UNIMOR yang tidak sempat dilakukan pada tahun ini karena Pandemi COVID19,” kata Patrisius.

Sementara itu, Ketua Program Studi Pendidikan Matematika, Oktovianus Mamoh, S.Pd., M.Pd menjelaskan, kegiatan ini juga dimaksudkan agar dapat mempromosikan lembaga Universitas Timor secara umum dan lebih khusus pada Program Studi Pendidikan Matematika.

Lanjut Oktovianus Mamoh, para siswa dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk menuangkan ide secara ilmiah tentang matematika berwawasan lingkungan, aplikasi belajar matematika di SMA, optimasi belajar matematika di SMA, penggunaan budaya Timor dalam belajar matematika, strategi/teknik untuk sukses dalam studi.

Blasius Atini, S.Pd., M.Sc - Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Timor (Foto: Istimewa)
Blasius Atini, S.Pd., M.Sc – Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Timor (Foto: Istimewa)

Kegiatan LKTI yang mengusung tema “Inovasi Belajar Matematika di Era New Normal Covid-19” ini dibuka secara resmi oleh Dekan FIP Unimor, Blasius Atini, S.Pd., M.Sc.

Dalam sambutan pembuka, Dekan Blasius mengatakan bahwa kegiatan LKTI merupakan suatu kegiatan ilmiah yang bertujuan mengasah dan mengembangkan aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik yang dilandasi asas profesionalisme dan sportivitas.

Dekan FIP berharap kegiatan ilmiah ini menghasilkan sumber daya manusia yang berdaya saing di kemudian hari.

Sebagai informasi, 10 (sepuluh) peserta terbaik yang lolos ke babak grandfinal -diurutkan secara acak- adalah Ewaldus Yafet Seran (SMA Swasta Seminari Lalian), Geovanius Tanmenu (SMA Swasta Seminari Lalian), Filianti Veronika Nansi (SMAS Katolik Warta Bakti Kefamenanu), Hildagardis Mamo (SMA Negeri Manufui), Oktovianus Da Costa Silva (SMK Negeri 1 Kab. Kupang), Aurum Arsenius Sau (SMA Negeri 1 Kefamenanu), Yeheskial Makandoloe (SMA Negeri Efata Soe), Maria Anggelina Naijes (SMK St. Wilibrodus Betun), Maria Andila Tiser (SMA Negeri Noemuti Timur), dan Viktor Andreas (SMAK Suria Atambua). (JL/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here