KEFAMENANU, GARDAMALAKA.COM – Program studi (Prodi) Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Timor (Unimor) Kefamenanu menggelar English Week Festival, Selasa (1/12/2020) di Laboratorium Bahasa Prodi tersebut.

Festival yang dibuka oleh Perwakilan Dekan, Drs. Anselmus Sahan, M.Pd tersebut memperlombakan beberapa mata lomba, seperti English Debate, English Quiz (untuk tingkat SMA) dan English Speech (tingakt SMP).

Kegiatan festival yang berlangsung sehari ini berhasil menghadirkan SMAK Warta Bhakti sebagai pemenang pertama Debat, SMK Katolik Kefamenanu sebagai pemenang kedua, dan SMAN Taekas sebagai pemenang ketiga.

Sementara dalam lomba Quiz SMAN Taekas berhasil tampil sebagai juara pertama, menyusul SMK Katolik sebagai juara kedua, dan SMAK Warta Bhakti sebagai juara ketiga.

Pose saat Pembagian Penghargaan kepada Para Juara (Foto: YS)
Pose saat Pembagian Penghargaan kepada Para Juara (Foto: YS)

Selanjutnya, pada lomba Pidato tingkat SMP, Fandi P. H. Kosat asal SMP Neonbat berhasil menyabet juara pertama. Tempat kedua diisi oleh Intan A. G. Mauk asal SMP Il Kapten Fatuba’a Atambua. Sedangkan tempat ketiga diraih oleh Sonya S. M. A. Bessie asal SMP Neonbat. Selain itu, ada juara favorit yang berhasil disabet Febriyanti A. Henukh asal SMPN 1 Kefamenanu.

Perwakilan pemenang pertama Debat, Josef Meko (SMAK Warta Bhakti) dalam pesan dan kesannya menyampaikan terima kasih atas terselenggaranya kegiatan baik ini.

“Kami berterima kasih untuk Prodi Pendidikan Bahasa Inggris Unimor, secara khusus Panitia yang sudah menyelenggarakan kompetisi ini. Kami merasa bangga karena sudah dipercaya oleh guru-guru kami untuk mengikuti kegiatan ini,” ujarnya.

Josef Meko menambahkan, juara hanyalah bonus. Bagi dia, jiwa kompetisi yang ingin ditanamkan, karena hal ini sangat penting.

“Kami berharap kegiatan atau English Festival ini dapat diselenggarakan setiap tahun agar para siswwa termotivasi untuk belajar Bahasa Inggris,” katanya.

Anselmus Sahan, M.Pd dalam Sambutan Penutup mewakili Dekan FIP Unimor (Foto: YS)
Drs. Anselmus Sahan, M.Pd dalam Sambutan Penutup mewakili Dekan FIP Unimor (Foto: YS)

Sementara, Drs. Anselmus Sahan, M.Pd dalam sambutan mewakili Dekan FIP Unimor menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya atas respon positif dari sekolah-sekolah partisipan.

“Tempat yang pertama saya mau menyampaikan apresiasi. Yang pertama untuk beberapa sekolah yang memberikan respon positif berpartisipasi dalam iven bergengsi ini. Apresiasi yang kedua untuk panitia dalam hal ini Ms. Desta Siahaan dan rekan-rekan dosen lainnya dan beberapa mahasiswa yang terlibat, juga apresiasi untuk bapak/ibu guru pendamping yang sudah mendampingi anak-anak hingga kegiatan hari ini,” ungkap Anselmus.

Dirinya menambahkan, antusiasme anak-anak hari ini (Selasa, red) merupakan gambaran bahwa ketertarikan mereka untuk belajar Bahasa Inggris sangat tinggi.

Oleh karena itu, ia mengajak semua pihak agar Motto Pendidikan Bahasa Inggris “to be the best person of ourself, we can be” harus terus digaungkan melalui iven-iven seperti ini.

“Sehingga anak-anak mau dan terus belajar menambah pengetahuan dan mengasah keterampilan Bahasa Inggris mereka,” pungkas Anselmus Sahan sambil menutup kegiatan English Week Festival secara resmi. (YS/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here