BETUN, GARDAMALAKA.COM – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Malaka menemukan salah satu syarat pendaftaran pasangan calon (Paslon) Stefanus Bria Seran-Wendelinus Taolin (SBS-WT) berupa ijazah Sekolah Menengah Atas (SMA) yang belum dilegalisir.

Ijazah dimaksud adalah milik Calon Wakil Bupati Wendelinus Taolin. Hal ini diketahui saat KPU melakukan verifikasi berkas pendaftaran yang dimasukkan di KPU pada momentum pendaftaran Paslon SBS-WT, Jumat (4/9/2020) pekan lalu.

Mengetahui adanya kekurangan ini, KPU Malaka segera menghubungi tim penghubung paket SBS-WT untuk selanjutnya dilengkapi.

Ketua KPU Malaka, Makarius Bere Nahak ketika ditemui media di kantor KPU, Rabu (9/9/2020) membenarkan adanya ijazah SMA milik Wendelinus Taolin asal paket SBS-WT yang belum dilegalisir tersebut.

Dirinya menjelaskan, oleh karena masih dalam tahap perbaikan berkas maka kekurangan ini telah diinformasikan ke tim penghubung paket SBS-WT. Hasilnya, berkas dimaksud pun sudah dilengkapi calon.

“(Berkas) sudah dimasukkan kembali dari kemarin setelah pengecekan berkas dari Tim Verifikator KPU,” jelas Makarius.

Nahak menambahkan, terkait hal ini pihaknya akan mengumumkan lagi ke publik karena Calon Wakil Bupati Wendelinus Taolin tidak menggunakan gelar (sarjana) dalam pendaftaran.

Calon Wakil Bupati yang akan mendampingi Bupati Petahana, Stef Bria Seran pada Pilkada Malaka 2020 ini hanya menggunakan ijazah SMA saat menyerahkan berkas di KPU Malaka. (Jes/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here