Suasana Ceremoni Pelepasan 101 Mahasiswa PKN di Aula STIE Oemathonis Kupang (Foto: Istimewa)
Suasana Ceremoni Pelepasan 101 Mahasiswa PKN di Aula STIE Oemathonis Kupang (Foto: Istimewa)

KUPANG, GARDAMALAKA.COM – Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Oemathonis Kupang kembali melepaskan 101 orang mahasiswa-mahasiswi guna melaksanakan Praktik Kerja Nyata (PKN); ceremoni pelepasan dilakukan di Aula Kampus STIE Oemathonis Kupang, Senin (10/8/2020).

Pasalnya, Praktik Kerja Nyata (PKN) merupakan ruang atau kesempatan bagi para mahasiswa untuk meningkatkan kemampuan atau kualitas sebelum menuju ke dunia kerja yang sesungguhnya.

Wakil Ketua I Bidang Akademik, Drs. Mikhael Jeramu, M.Si ketika dikonfirmasi wartawan membenarkan hal tersebut.

“Hari ini kita sudah lepaskan 101 orang mahasiswa PKN tahun 2020 yang terdiri dari 66 Mahasiswa Jurusan Akuntansi dan 35 Mahasiswa Jurusan Manajemen yang tersebar di berbagai Instansi Pemerintah dan Swasta di Kota Kupang,” kata Jeramu.

Menurutnya, PKN sudah menjadi kewajiban atau menjadi salah satu syarat yang harus dipenuhi mahasiswa STIE Oemathonis sebelum menyelesaikan pendidikan pada lembaga tersebut.

“(PKN) Perlu dan sangat penting, sehingga kualitas atau pengalaman mahasiswa setelah wisuda itu tidak diragukan,” tegas Wakil Ketua I Bidang Akademik itu.

Lanjut Jeramu, dalam melaksanakan PKN ini ada 3 point penting yang menjadi tujuan lembaga:

Pertama, PKN merupakan media bagi mahasiswa untuk bisa mengenal dunia kerja yang sesungguhnya; dengan demikian mereka dilatih baik itu sikap maupun mental mereka.

Kedua, PKN merupakan upaya untuk menyiapkan lulusan-lulusan yang berkualitas sesuai dengan kebutuhan dunia kerja saat ini, karena melalui PKN mereka (mahasiswa) dilatih dengan harapan punya pengalaman dan punya kemampuan pada dunia kerja yang sesungguhnya.

Ketiga, dengan adanya PKN mereka menjadi duta untuk mempromosikan lembaga STIE Oemathonis di dunia kerja.

“Kita harapkan mahasiswa-mahasiswa peserta PKN 2020 dapat melaksanakan PKN dengan baik sesuai harapan lembaga agar bisa menambah pengalaman, dan juga bisa meningkatkan kualitas atau kemampuan pribadi mahasiswa,” ujar lulusan Universitas Airlangga itu.

Pria kelahiran Manggarai ini pun menyampaikan terima kasih kepada pihak instansi tempat mahasiswa melaksanakan PKN atas kerja samanya menerima mahasiswa STIE Oemathonis dalam melaksanakan PKN dalam waktu 3 bulan ke depan ini.

Sesuai informasi yang dihimpun media ini para peserta PKN dilepaskan oleh Wakil Ketua I Bidang Akademik Drs. Mikhael Jeramu, M.Si mewakili Ketua STIE Oemathonis Kupang.

Turut hadir dalam cerimonial pelepasan itu Wakil Ketua II Bidang Keuangan, Wakil Ketua III Bidang Kemahasiswaan dan Ketua Jurusan Akuntansi. (Jhovan/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here