KUPANG, GARDAMALAKA.COM – Kiprah sosok ini di Satuan Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Udara Republik Indonesia sudah cukup panjang, menapaki perjalanan dengan sederetan pengalaman yang tak diragukan.

Pria kelahiran Jakarta 05 Juni 1972 ini masuk Akademi Angkatan Udara (AAU) tahun 1994, SEKKAU angkatan 74 tahun 2003, SESKOAU angkatan 45 tahun 2008 dan SESKO TNI angkatan 44 tahun 2017.

Sosok humanis bernama lengkap Kolonel Pnb. Bambang Juniar Djatmiko S.Sos., M.M. adalah alumni S1 STIE Jakarta, S2 Yayasan Pendidikan Ujung Pandang Makassar dan kini sedang menempuh program S3 konsentrasi bidang managemen di UIN Yogyakarta.

Bambang Juniar Djatmiko mengawali debut karir militernya dengan pangkat Letnan Dua tahun 1984, Letnan Satu tahun 1997, Kapten tahun 2000, Mayor tahun 2005, Letnan Kolonel tahun 2010 dan Kolonel tahun 2015.

Berbagai jabatan yang telah diemban Kolonel Bambang di antaranya, Pama DP Lanud Adi, Pa Pnb Skadud 6 Wing Lanud Ats, Pa Pnb Skadud Lanud Kjt, Instruktur Pnb Wingdik Terbang Lanud Adi, Kapoikinst Skadud 6 Wing 4 Lanud Ats, Kadisops Skadud 6 Wing 4 Lanud Ats, Kafasiat Wing 4 Lanud Ats, Pabandyalat Sops Kas Kohanudnas, Danlanud Trk, Kapuskodal Kaopsau II, Asintel Kosek Hanudnas II Mks, Asop Kosek Hanudnas II Mks, Kasubdisintelud Dispamsanau, Pamen Sopsau, Dan Wing 4 Lanud Ats, Kasubdisbinlambangja Dislambangjaau, serta Danwingstar AAU.

Selain itu Perwira Angkatan Udara yang kini menjabat Komandan Lanud El Tari Kupang itu juga telah melaksanakan berbagai misi penugasan yaitu, Operasi Malirga, Pamtas dan Cendrawasih di Papua, Operasi Pemulihan Keamanan dan Duk Gempa Bumi Tsunami di NAD, Nias, Yogyakarta, Mentawai, Operasi Sarang Petir, Operasi Tangkis Petir, Operasi Tameng Petir, Operasi Petir Malindo, Operasi Alur Camar serta Operasi Angkut Camar.

Terlepas dari sederetan tugas dan jabatan yang diemban itu, Kolonel Bambang pun telah menoreh penghargaan tanda kehormatan terhadap bangsa dan negara antara lain, Satyalancana Kesetiaan XVI tahun, Satyalancana Kesetiaan XVIII tahun, Satyalancana Dharma Nusa, Satyalancana GOM VII (Aceh), Satyalancana GOM IX Raksaka Dharma (Papua), Satyalancana Dwidya Sistha dan Satyalancana Kebaktian Sosial.

Saat tim media yang dipimpin Ketua MOI NTT Herry F.F Battileo, S.H., M.H. menyambangi sang Kolonel di Lanud El Tari Kupang pada Rabu (22/7/2020) sambutan hangat dengab suasana familiar ditampakkannya. Tak ada sekat bila disandingkan dengan karya sumbangsih yang telah diberikannya bagi bangsa dan negara tercinta.

Senda gurau berbalut senyumnya menjadi panutan seorang pemimpin, dari seragam satrianya memberikan rasa aman dan nyaman, berada di tengah TNI kebanggaan rakyat, tentara rakyat pembela pertiwi.

Bagi Bambang Juniar Djatmiko, kemitraan bersama media merupakan jembatan informasi sekaligus pendorong dan penggerak pembangunan bangsa.

“Kami butuh media untuk memberi informasi kepada masyarakat tentang tugas -tugas TNI Angkatan Udara,” katanya singkat di akhir perjumpaan. (Tim/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here