KUPANG, GARDAMALAKA.COM – Lebarkan sayap organisasi ke berbagai daerah, Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) MOI (Media Online Indonesia) Rudi Sembiring Meliala, Sabtu (11/7/2020) DPP MOI melantik Pengurus Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) MOI Propinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) di Hotel Swiss-Belinn Kristal, Kota Kupang yang diketuai Herry F.F. Battileo.

Pantauan media, kegiatan Pelantikan yang juga dihadiri Ketua Korwil MOI Bali – Nusa Tenggara (Bali – Nusra), Abdul Syukur, ST dan sejumlah Pejabat Pemerintah Provinsi NTT, Pejabat Pemkot dan Pemkab Kupang, Polda NTT, Danrem 161/ WS dan Insan Pers baik online, cetak maupun elektronik.

Kegiatan dilaksanakan penuh kemeriahan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan di tengah Pendemi Covid-19.

Pelantikan DPW MOI NTT dilakukan dalam rangka konsolidasi organisasi MOI sesuai amanat Rakernas 2019 untuk membentuk pengurus di semua Propinsi dalam rangka persyaratan menjadi anggota Dewan Pers.

Meski baru berusia setahun dan terkendala pendemi covid-19, konsolidasi terus dilakukan ke berbagai daerah serta peningkatan profesionalisme jurnalis melalui program pelatihan/workshop pra-UKW (Uji Kompetensi Wartawan) menuju UKW.

Gubernur NTT Viktor Laiskodat dalam sambutannya yang dibacakan Dinas Kominfo Provinsi NTT memberikan apresiasi serta menyambut baik kehadiran dan keberadaan MOI di NTT.  Ia juga mengucapkan selamat dan sukses atas pelantikan DPW MOI NTT.

Menurutnya, peran media online sangat penting di era digital saat ini. Prospek perkembangan media online perlu diakui, karena saat ini masyarakat awam pun melek bisa baca berita. Cukup dengan membuka melalui HP android, mereka sudah bisa mengetahui kondisi terkini melalui Media Online.

Harapannya, Perkumpulan MOI di NTT terus bersinergi dan membangun kemitraan yang baik dengan Pemerintah. Ia juga mengingatkan untuk tetap mengedepankan kode etik jurnalistik dalam penyampaian informasi, sehingga apa yang disajikan dapat dikonsumsi dan dinikmati oleh semua kalangan.

Sementara Ketua Umum DPP MOI, Rudi Sembiring Meliala, berharap pasca dilantiknya Pengurus DPW MOI NTT, bisa menjadi bagian terpenting untuk ikut membangun bangsa dan negara.

Khususnya MOI harus bisa bersinergi dengan Pemerintah, dan mendukung segala kebijakan pemerintah yang pro rakyat serta ikut mendorong transparansi pengelolaan pemerintah.

Kepada pengurus yang baru dilantik, Rudi Sembiring mengingatkan dan wanti-wanti, agar bekerja sesuai dengan aturan dan mekanisme organisasi.

“MOI harus bisa memberi contoh, dan teruslah mengibarkan bendera MOI di NTT, akomodir semua media online yang ada, meskipun media tersebut baru dibangun. Ini yang membedakan MOI dengan Organisasi Media Online lainnya,” tegasnya.

Dalam prosesi pelantikan Pengurus Perkumpulan MOI NTT, diawali pembacaan SK DPW MOI NTT oleh Ketua Korwil MOI Bali – Nusra, Abdul Sukur, ST, selanjutnya pelantikan dan pengambilan sumpah dipimpin langsung Ketua Umum DPP MOI, Rudi Sembiring Meliala.

Usai pelaksanaan pelantikan, Ketua DPW MOI NTT terlantik, Herry F.F. Battileo, SH, MH mengucap syukur atas terselenggaranya prosesi pelantikan dengan aman dan lancar.

Menurutnya, ini adalah awal kebaikan untuk MOI NTT, agar ke depan bisa berkibar dan menjadi salah satu perkumpulan media online yang diperhitungkan khususnya di NTT.

Perkumpulan Media Online Indonesia (MOI) merupakan organisasi yang mewadahi perusahaan media online di seluruh Indonesia. Didirikan 27 September 2018 dengan Pengurus Pusat : Ketua Umum, Rudi Sembiring Meliala; Ketua Harian, Siruaya Utamawan; Sekjen, HM. Jusuf Rizal dan Bendum, Hj. Candra Manggih.

Kini MOI bekerjasama dengan LSM LIRA (Lumbung Informasi Rakyat) menggelar Pemberian Penghargaan “Polisi Award Promoter” 2021. (Tim/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here