BETUN, GARDAMALAKA.COM – Ketua POSPERA (Posko Perjuangan Rakyat) Kabupaten Malaka, Wendelinus Nahak menyesali tindakan Bupati Malaka, Stefanus Bria Seran yang mengabaikan Peraturan Presiden terkait pencegahan covid-19.

Pasalnya, di tengah himbauan pemerintah baik oleh Pemerintah Pusat, Provinsi maupun Kabupaten sendiri untuk tidak melakukan aktivitas yang mengumpulkan banyak massa, Bupati Malaka masih melakukan kunjungan dengan melibatkan banyak massa di Kecamatan Botin Leobele, Kabupaten Malaka, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) pada Selasa 28 April 2020.

Memang kunjungan ini untuk pemantauan kesiapan Tim Gugus Tugas Pencegahan Covid-19. Akan tetapi tindakan yang dilakukan oleh Bupati ini menyalahi aturan pencegahan Virus Corona.

Padahal sudah ada maklumat Kapolri Nomor Mak/2/III/2020 tentang Kepatuhan terhadap Kebijakan Pemerintah dalam Penanganan Penyebaran Virus Corona (Covid-19).

Atas hal tersebut, Ketua Pospera Malaka, Wendelinus Nahak memberikan tanggapannya, Kamis (30/4/2020).

Kunjungan Bupati Malaka dengan Melibatkan Banyak Massa di Kecamatan Botin Leobele, Kabupaten Malaka, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) pada Selasa 28 April 2020 (Foto: Tim)

“Bagi saya, banyak cara yang bisa digunakan Bupati untuk memantau penanganan pendemi virus Corona di kecamatan dan desa-desa. Tidak perlu dengan cara mengumpulkan massa untuk sosialisasi,” kata Wendy.

Ia pun menjelaskan alasan mengapa tidak perlu sampai mengumpulkan massa.

“Karena pola pendekatan mengumpulkan massa berpotensi menyebarkan virus Corona. Entah apapun alasannya, dengan jaga jarak, misalnya, namun pola untuk mengumpulkan massa itu tidak benar dan harus ditindak. Apalagi berdasarkan informasi terakhir saat ini, NTT sudah kembali masuk dalam zona merah. Jadi, alangkah lebih baik jika kita bisa mencegah penularan dengan mengikuti peraturan presiden terkait pendemi Covid-19,” beber alunus Universitas Timor ini.

Wendi Nahak menambahkan, masyarakat kini sudah mengikuti peraturan pemerintah sesuai himbauan dan standar pencegahan covid 19.

“Tapi kenapa pemerintah daerah justru mengabaikan Peraturan Presiden? Jokowi saja pergi kunjungan ke wisma atlet tanpa ada kerumunan dan pertemuan dengan masyarakat,” tohoknya.

“Kenapa justru Bupati melanggarnya? Maka itu, saya sebagai ketua Pospera Malaka relawan Jokowi, meminta agar bupati Malaka segera ditindak tegas. Lebih baik kita mencegah daripada sudah terjadi kita kelabakan,” ujar dia.

“Ayo bersama, lawan covid-19 dengan cara TETAP DI RUMAH; dengan cara ini kita mampu memutus mata rantai penularannya,” katanya mengakhiri. (Jes/Red)

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here