ATAMBUA, GARDAMALAKA.COM – Alumni Seminari Santa Maria Immaculata Lalian dimintakan bantuan menjaring Calon Siswa Baru (Casiba) untuk masuk mengenyam pendidikan di lembaga persemaian calon Imam Katolik yang berlokasi di Lalian Tolu, Kecamatan Tasifeto Barat, Kabupaten Belu.

Demikian disampaikan Praeses Seminari Lalian (Semla), Rm. Drs. Leonardus Asuk, Pr., MA melalui salah satu gurunya, Marselinus Seran, Sabtu (25/4/2020) sekira pukul 19.30 WITA melalui sambungan telepon genggam.

“Saat diliburkan, siswa lama Seminari sudah dimintakan bantuan oleh Pareses dan Prefek (Rm. Arnoldus Lema, Pr) untuk menjaring Calon Siswa Baru, namun ada baiknya para alumnus pun ikut menjaring,” kata Marselinus.

Para Guru dan Pembina Seminari Lalian
Para Guru dan Pembina Seminari Lalian (Sumber: Semla)

Ia menjelaskan, merebaknya pandemi Covid-19 telah membuat banyak pihak tidak bisa langsung mendatangi Semla, bahkan ada yang merasa was-was, sehingga ada semacam ‘kepanikan’ dari pihak Semla dalam hal penerimaan Casiba untuk tahun ajaran 2020/2021 ini.

Marselinus menambahkan, selama beberapa tahun terkahir, sebenarnya Semla tidak repot dalam hal menjaring Casiba karena proses penjaringan (biasanya) langsung melalui para Pastor Paroki.

“Namun tahun ini kita agak kesulitan karena bertepatan dengan pandemi ini (coronavirus). Kita bahkan sudah membuat surat melalui Unio Keuskupan Atambua untuk diteruskan kepada para Pastor Paroki,” ujarnya.

Aktivitas Kelas Siswa Seminari Lalian Sebelum Covid-19 (Sumber: Semla)

Namun, lanjut dia, sampai saat ini belum ada Casiba yang mendaftar. Barangkali karena informasi masih belum sampai ke semua umat yang ingin anaknya bersekolah di Seminari Lalian.

Padahal, menurut Marselinus, dalam surat itu dimintakan juga bantuan para ketua lingkungan dan pengurus komunitas umat basis (KUB) untuk ikut menjaring.

“Itu sebabnya kami agak kewalahan, dan meminta juga bantuan para alumnus agar menjaring Casiba,” bebernya.

Selain itu, ia mengaku bahwa Praeses Semla pun meminta bantuan para guru untuk mencarikan Casiba.

“Yakinkan mereka (Casiba) bahwa kita akan menerima semua,” tutur Marselinus mengutip Praeses Semla.

Syarat Pendaftaran Calon Siswa Baru Seminari Santa Maria Immaculata Lalian (Sumber: Panitia Pendaftaran)

Syarat pendaftaran awal yang dapat dilakukan Casiba adalah sebagai berikut.

Nama Lengkap, Tempat dan Tanggal Lahir, Asal Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Asal Paroki, Nama Orangtua (Ayah-Ibu) dan Pekerjaan (Orangtua), lalu dikirim melalui nomor WhatsApp Panitia Pendaftaran: 081237480872 dan 082146739183.

“Sebagai alumnus yang punya kecintaan terhadap almamater kami mintakan bantuan. Dan kepada gardamalaka.com kami sampaikan terima kasih karena sudah mewartakan kabar ini kepada banyak orang,” tutupnya. (Kon/Red)

BACA JUGA:
Seminari Lalian Buka Pendaftaran Calon Siswa Baru TA 2020/2021

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here