BETUN, GARDAMALAKA.COM – Partai Golongan Karya (Golkar) Kabupaten Malaka memberikan bantuan kepada Ibu hamil di Posko Covid-19 Desa Umatoos, Kecamatan Malaka Barat, pada Kamis (23/4/2020) sekira pukul 15.30 WITA.

Bantuan logistik yang diberikan partai berlambang beringin tersebut berupa telur, susu dan sun, serta alat perlindungan diri (Masker) sebanyak 100 buah, kepada ibu hamil di Desa Umatoos.

Anusius Seran, Penjabat Desa Umatoos, kepada gardamalaka.com, menuturkan, penyebaran virus corona atau COVID-19 bisa melalui apa saja, termasuk ibu hamil, ibu menyusui, dan anak-anak.

Ia membeberkan, meski masih belum diumumkan adanya kasus terpaparnya Covid-19 pada ibu hamil dan ibu menyusui di Kabupaten Malaka umumnya dan Desa Umatoos khususnya, kelompok Ibu hamil ini juga tetap perlu waspada dengan lebih meningkatkan imunitas tubuh mereka.

“Karena ibu hamil dan ibu menyusui rentan dengan berbagai penyakit akibat perubahan hormonal sehingga secara otomatis daya tahan tubuh mereka lebih rendah,” jelas Nus, Penjabat Desa Umatoos.

Sementara, Sergius Klau, Pembina Relawan Posko Covid-19, membeberkan bantuan ini diberikan oleh partai Golkar kepada Ibu hamil di Desa Umatoos melalui dirinya.

“Sehingga saya berikan kepada Ketua Relawan dan Koordinator Relawan beserta teman-teman relawan Posko Pemuda Peduli Rakyat Covid-19, untuk dibagikan kepada ibu hamil,” kata pria yang akrab disapa Anarky ini.

Mengatasnakamakan masyarakat, Pembina Relawan tersebut memberikan apresiasi kepada Partai Golkar Kabupaten Malaka, serta terimakasih kepada Tim Golkar.

Ia pun menyerahkan bantuan yang disalurkan melalui dirinya.

“Ini bantuan berbentuk sun, susu dan telur; itu khusus untuk ibu hamil dan anak-anak serta bayi/balita. Hal ini untuk menguatkan daya tahan tubuh ibu hamil untuk melawan Covid-19, karena virus ini berbahaya,” pungkas Anarky.

Terpisah, salah satu relawan Posko Pemuda Peduli Rakyat Covid-19, Rido Manek Bau menganjurkan agar masyarakat mencuci tangan sebelum menggunakan masker, meracik sun dan susu agar droplet tidak mengenai bayi, dan selalu membersihkan permukaan benda sebelum disentuh.

“Jika ibu hamil memutuskan untuk memberikan ASI pompa karena terlalu lemah untuk menyusui maka hal yang masih sama dilakukan bahwa ibu hamil diwajibkan menjaga kebersihan dengan mencuci tangan sebelum memompa ASI,” kata pemuda yang karib disapa Ridwan.

Ia menambahkan, para Ibu dan Bapak perlu mempertimbangkan 2 hal penting untuk menjaga kesehatan bayi: Pertama, menyuapi ASI oleh anggota keluarga, meminta pertolongan inang penyusu yang prima untuk menyusui sang bayi, atau
Relaktasi (melanjutkan pemberian ASI setelah sembuh); dan Kedua, selama ASI tidak dilarang untuk bayi, meskipun tengah menderita COVID-19, usahakan untuk memberikan asupan ASI yang cukup untuk sang buah hati.

“Mari kita kerja sama untuk melawan Coronavirus Disease (Covid-19),” tutup Ridwan. (Ab/Red)

BACA JUGA:
Ketua DPD II Partai Golkar Kabupaten Malaka Bagi Masker, Makanan Untuk Ibu Hamil dan Balita

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here