BETUN, GARDAMALAKA.COM – Upaya pencegahan terhadap penyebaran Virus Corona (Covid-19) di Kecamatan Malaka Barat, Kabupaten Malaka terus diintensifkan.

Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK),- sebuah organisasi kemasyarakatan yang memberdayakan wanita untuk turut berpartisipasi dalam pembangunan Indonesia,- Jumat (24/4/2020) melakukan kunjungan ke posko Desa Umatoos (salah satu Desa Model di Kabupaten Malaka, yang terletak di Kecamatan Malaka Barat) dari lokasi check point terpadu siaga Covid-19.

Pantauan media, kunjungan TP PKK disertai bantuan logistik berupa telur tersebut berlangsung mulai pukul 12.30 WITA hingga 02.30 WITA, diterima oleh istri penjabat Desa Umatoos sebagai penggerak PKK di tingkat desa.

Dalam pelaksanaannya, posko akan dijaga oleh personil dari unsur Polres, TNI, Satgas, BPBD, dan Dinas Kesehatan.

Para tenaga medis dan pihak keamanan diminta agar tetap menjaga stamina dan kesehatan sehingga mereka dapat menjalankan tugas dengan baik.

Salah satu TP PKK yang hadir menyampaikan kepada masyarakat agar lebih berhati-hati dalam melakukan aktivitas sehari-hari.

“Karena (ini) untuk kebaikan masyarakat sendiri. Oleh karena itu, mari kita bekerjasama agar tercipta lingkungan yang bersih dan terbebas dari Virus Corona,” ungkap anggota TP PKK tersebut.

Kepada awak media, Penjabat Desa Umatoos, Anusius Seran menyampaikan bahwa bantuan ini diberikan kepada tiim penjaga posko Peduli Masyarakat dalam upaya mencegah pandemi Covid-19 yang saat ini sedang melanda dan mewabah di setiap pelosok NKRI.

“Mari kita kerja sama dengan menjaga lingkungan yang bersih, sehat dengan cara mencuci tangan dan makan makanan yang sehat untuk membuat daya tahan tubuh lebih kuat,” papar penjabat Desa Umatoos yang akrab disapa Nus.

Ada 5 hal yang disarankan Nus kepada masyarakat, yakni:

  1. Tetap di rumah jika Anda merasa tidak sehat. Jika Anda mengalami demam, batuk dan kesulitan bernapas, cari bantuan medis dan hubungi mereka terlebih dahulu. Ikuti arahan otoritas kesehatan setempat Anda. Otoritas nasional dan lokal akan memiliki informasi terbaru tentang situasi di daerah Anda. Menelepon terlebih dahulu akan memungkinkan penyedia layanan kesehatan mengarahkan Anda ke fasilitas kesehatan yang tepat. Ini juga akan melindungi Anda dan membantu mencegah penyebaran virus dan infeksi lainnya.
  2. Pastikan Anda dan orang-orang di sekitar Anda menjaga kebersihan pernapasan. Ini berarti (harus) menutupi mulut dan hidung Anda dengan siku atau anggota badan yang tertekuk saat Anda batuk atau bersin. Kemudian segera buang tisu bekas yang digunakan untuk menutupi bersih atau batuk. Tetesan yang keluar saat Anda bersin atau batuk menyebarkan virus. Dengan mengikuti saran ini, Anda melindungi orang-orang di sekitar Anda dari virus.
  3. Hindari menyentuh mata, hidung dan mulut. Tangan menyentuh banyak permukaan dan virus dapat menempel. Setelah terkontaminasi, tangan dapat memindahkan virus ke mata, hidung, atau mulut Anda. Dari sana, virus bisa masuk ke tubuh Anda dan bisa membuat Anda sakit.
  4. Secara teratur dan menyeluruh bersihkan tangan Anda dengan sabun dan air atau cairan berbasis alkohol. Mencuci tangan dengan sabun dan air atau menggunakan cairan berbasis alkohol membunuh virus yang mungkin ada di tangan Anda.
  5. Pertahankan jarak fisik atau physical distancing setidaknya 1 meter (3 kaki) antara Anda dan siapa saja yang batuk atau bersin.

“Lima hal ini dilakukan untuk mencegah Pandemi Covid-19,” jelasnya.

Sementara itu, Handerianus A. Bria selaku Kordinator Relawan menyampaikan terimakasih kepada TP PKK atas bantuan logistik yang telah diberikan.

“Terima kasih TP PKK yang telah memberikan bantuan logistik kepada kami masyarakat Desa Umatoos dalam bentuk telur,” ujar Handerianus, pria yang akrab disapa Aro Bria.

Dirinya mengaku masyarakat sangat antusias mendukung adanya bantuan yang diberikan oleh TP PKK Kabupaten Malaka.

“Mari bekerja sama dengan hati yang terbuka, tetap kuat dan tegar untuk melawan pandemi Covid-19, bersama seluruh masyarakat Malaka umumnya dan secara khusus Desa Umatoos, Kecamatan Malaka Barat,” kata dia.

“Maju trus karena mundur bukan pilihan kita, bersama kita bisa, kita bisa karena kita kuat, kita kuat karena kita ada,” pungkas Aro Bria. (Ab/Tim/Red).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here