BETUN, GARDAMALAKA.COM – Politisi muda, Anggota DPRD Kabupaten Malaka, Fransiskus Xaverius Taolin membagikan masker gratis kepada masyarakat Desa Tesa, Kecamatan Laenmanen, Selasa (21/4/2020).

Pembagian masker dilakukan door to door (dari rumah ke rumah) agar menghindari kerumunan massa, sebagaimana sudah dihimbau pemerintah.

Kita semua tentu menyadari bahwa di tengah merebaknya kasus corona atau covid-19, harga masker terus melangit. Selain harga, persediaan masker pun langka, sehingga menyulitkan warga untuk mendapatkan masker; apalagi setiap posko mewajibkan mengenakan masker bila keluar rumah.

Fransiskus Xaverius Taolin, Anggota DPRD Malaka Fraksi Gerindra kepada media ini, Selasa (21/4) menuturkan bahwa pembagian masker yang ia lakukan untuk masyarakat Desa Tesa Kecamatan Laenmanen yang terdiri dari 12 Dusun adalah gratis.

“Cara pembagian kita lakukan door to door, mendatangi rumah warga satu per satu lalu membagikan masker,” kata Politisi muda ini.

Warga yang Pulang Aktivitas di Luar Rumah Dibagikan Masker (Foto: Jes)

Ans, demikian sapaan akrabnya, menjelaskan jika pada saat ke rumah dirinya tidak menemukan masyarakat di rumah karena (mungkin) ada yang sedang aktivitas di luar (kebun, dan lainnya), atau lagi keluar rumah (bepergian), maka tidak akan kebagian masker, tidak ditinggalkan masker di rumah.

Solusinya, setiap ada masyarakat desa yang ditemui di jalan langsung diberikan masker sesuai jumlah anggota keluarga dalam rumah.

“Sepanjang jalan, ketika kita ketemu warga di jalan, kita kasih sesuai dengan jumlah jiwa dalam keluarga sehingga lebih banyak kita bagikan di jalan,” ujar kader muda Partai Gerindra tersebut.

Sepanjang jalan desa, para warga dibagikan masker. Masyarakat merasa kagum ketika melihat anggota DPRD mendatangi mereka dan membagikan masker.

Menurut pengakuan Ans, mantan aktivis GMNI tersebut, selama ini masyarakat belum pernah melihat atau mengalami seorang anggota DPRD mendatangi rumah warga satu per satu untuk membagikan sesuatu barang yang bermanfaat.

dr. Maria Crista Taolin saat Membagikan Masker dan Suplemen kepada Warga (Foto: Jes)

Turut bersama Ans membagikan masker adalah adik kandungnya sendiri yang berprofesi sebagai dokter, yaitu dr. Maria Crista Taolin.

Selain itu, dokter muda ini juga membawakan vitamin, suplemen, obat daya tahan tubuh yang dibagikan juga secara cuma-cuma kepada masyarakat.

Dengan meminum vitamin, suplemen, maka tubuh memiliki imun yang kuat sehingga tidak cepat terjangkit virus, termasuk Corona atau covid-19.

Dokter Is Taolin, begitu ia disapa, menjelaskan agar masyarakat harus selalu menjaga kebersihan dengan mencuci tangan dan selalu mematuhi anjuran pemerintah.

“Supaya terhindar dari virus yang berbahaya ini kita harus selalu saling menjaga, tetap di rumah, dan ketika keluar rumah harus pakai masker yang sudah dibagikan itu. Dan lebih penting hindari kerumunan banyak orang,” kata dia.

Salah satu warga yang menerima masker, Sius Fernandes, mengaku senang dibagikan masker oleh Anggota DPRD Malaka, Ans Taolin.

“Kami sebagai warga Tesa sangat berterima kasih. Karena (masker) dibagi dari rumah ke rumah begini baru kami bisa dapat. Kami senang sekali setiap orang di dalam rumah bisa dapat masker,” ungkap Sius.

“Dengan begini, keluar rumah sudah bisa pakai masker. Karena lewat setiap posko diwajibkan untuk pakai,” kata dia.

Ia sangat mengapresiasi kebaikan hati politisi muda asal Dapil 3 Malaka, Ans Taolin yang membagikan masker kain yang dapat dicuci jika kotor.

“Masker ini bisa cuci (lagi, bila kotor) sehingga bisa pakai kembali; sekali lagi terimakasih,” katanya mengakhiri. (Jes/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here