Frederikus Seran, Anggota DPRD Kabupaten Malaka Fraksi Partai NasDem (Foto: Dok. Pribadi)

BETUN, GARDAMALAKA.COM – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPRD) Kabupaten Malaka Fraksi Partai NasDem, Fredirikus Seran angkat bicara soal dana taktis yang dialokasikan di setiap desa sehubungan dengan penanganan Covid-19. 

Menurutnya, setiap posko yang sudah disiapkan di sejumlah titik di desa-desa harus juga menyiapkan masker untuk dibagikan kepada masyarakat menggunakan dana taktis tersebut.

“Sehingga masyarakat yang tidak menggunakan masker, ketika keluar rumah bisa diberikan; jangan hanya sekedar suruh pulang rumah. Menurut saya itu tidak etis”, demikian disampaikan Fredy kepada gardamalaka.com via pesan tertulis WhatsApp, Sabtu (18/4/2020).

Apalagi kondisi sekarang, berdasarkan pantauannya, harga masker meningkat sampai puluhan ribu.

“Jangan saja asal tahan (memberhentikan) masyarakat yang lewat (melintas). Siapkan juga masker untuk dibagikan”, tegas dia.

“Betul ini semua (tindakan menyuruh pulang bagi yang tidak bermasker-red) untuk mencegah wabah ini atau covid-19 tapi carikan solusi. Masyarakat sudah susah dibuat tambah susah. Setiap posko siapkan masker dengan harga di bawah standar atau gratis saja, itu lebih mulia”, pintanya.

Fredy juga menyampaikan, sedapat mungkin dana taktis yang disiapkan oleh setiap desa di Malaka dimanfaatkan sesuai dengan kebutuhan untuk mencegah covid-19 ini, sehingga dinilai tepat sasaran.

“Fungsikan untuk pengadaan masker dan siapkan di setiap posko, sehingga ketika tim dari desa menjaga posko dan menemukan masyarakat atau pengendara motor yang tidak menggunakan masker, dari posko bisa memberikan”, jelas Anggota DPRD asal Dapil 2 Malaka ini.

Sementara, kepada penjual masker, dirinya meminta agar sedapat mungkin harga dikontrol. Jangan sampai situasi darurat dan sulit seperti sekarang dimanfaatkan untuk meraup keuntungan.

“Saya minta kepada Pemda dengan tegas sampaikan ke setiap desa untuk gunakan anggaran yang dialokasikan untuk covid-19 ini dengan baik, karena kita semua fokus dan bertanggung jawab untuk bagaimana melakukan pencegahan terhadap covid-19 ini”, tutup Fredy tegas. (Jes/red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here