BETUN, GARDAMALAKA.COM – Bupati Malaka, dr. Stefanus Bria Seran, MPH., menegaskan agar masyarakat yang tidak mengenakan masker saat keluar rumah kembali dan diam di rumah.

Hal ini disampaikan Bupati yang akrab dikenal dengan akronim SBS tersebut, Selasa (14/3/2020) dilansir nusantara9.com.

Menurut pemberitaan, disuruh pulangnya ke rumah jika bepergian tidak mengenakan masker, tidak hanya berlaku bagi masyarakat umum tetapi juga bagi pedagang-pedagang di pasar.

“Masyarakat yang keluar rumah tidak pakai masker tahan dan suruh kembali ke rumah”, kata Bupati dikutip media ini dari nusantara9.com.

Bupati SBS menambahkan, masyarakat yang tidak mengenakan masker dilarang ke pasar; bila penjual tidak mengenakan masker, jualannya ditutup dan tinggalkan area pasar.

Atas himbauan Bupati Malaka yang dinilai keras ini, komentar pun datang dari berbagai pihak.

Salah satu yang memberi tanggapan adalah Pastor St. Maria Fatima Betun, Romo Yudel Neno, Pr.

Kepada gardamalaka.com, Selasa (14/4/2020) Romo Yudel menyampaikan, Pemerintah Malaka harusnya memberi bantuan masker kepada masyarakat.

“Masker sekarang cukup susah cari apalagi di kampung-kampung. Pihak lain, bahkan negara luar berlomba-lomba membantu masyarakat dengan mengadakan masker dan dibagikan ke masyarakat. Bupati Malaka malah bukannya menginstruksikan supaya masyarakat yang keluar rumah tidak mengenakan masker dibagikan masker, malah disuruh pulang ke rumah”, tukas Pastor Yudel.

Menurut Romo Yudel, jika hal itu yang diminta Bupati maka masyarakat bakal tetap tidak punya masker.

“Menurut saya, solusi seperti itu tidak tepat. Akan tepat kalau yang keluar rumah tidak pakai masker dibagikan masker. Masalahnya masyarakat tidak punya masker; ya solusinya adakan dan bagikan masker. Kalau solusinya pulang rumah, bagaimana kalau masyarakat mencari jalan lain yang tidak terjangkau oleh tim penjaga?”, ujar Pastor Yudel menohok.

Mantan Ketua Senat Fakultas Filsafat Unwira Kupang ini meminta agar pemerintah membagikan masker kepada masyarakat, termasuk para penjual agar aktivitas perekonomian masyarakat tidak buntu. (Jes/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here