BETUN, GARDAMALAKA.COM – Mencegah penyebaran virus corona atau disebut juga dengan Covid-19 (Coronavirus disease 2019), Mahasiswa Universitas Timor (Unimor) yang tergabung dalam Organisasi Gerakan Mahasiswa Malaka (GEMMA) Kefamenanu membagikan masker gratis kepada pengendara motor dan penjual di pasar Beiabuk, Betun, Malaka.

Ignasia Seuk Nahak, Ketua GEMMA ketika ditemui media di sela-sela kegiatan pembagian masker gratis, Selasa (7/4/2020) mengatakan, kegiatan ini dilakukan sebagai respon atas melonjaknya angka penularan Covid-19 secara nasional dalam sepekan terakhir.

“Tentu kita tahu bahwa angka penularan virus corona di akhir-akhir ini meningkat. Kita tidak ingin penularan ini akhirnya sampai ke Malaka”, kata Iggy Nahak.

Ia menambahkan, pembagian masker bagi pengendera motor dan penjual sayuran di pasar Beiabuk ini juga sebagai respon atas kelangkaan masker yang terjadi sejak virus yang akhir-akhir ini mewabah hampir ke seluruh dunia.

“Pembagian masker ini juga sebagai bentuk dukungan kepada aparat penegak hukum agar menindak para pelaku penimbunan masker. Kita tahu harga masker akhir-akhir ini meningkat drastis. Yang dulunya seharga Rp. 5.000 bisa menjadi Rp. 10.000 dan bahkan Rp. 15.000”, jelas ketua GEMMA.

Ketua Gerakan Mahasiswa Malaka (GEMMA) Kefamenanu, Ignasia Seuk Nahak (Foto: Dok. Pribadi)

Iggy Nahak memaparkan, lebih kurang ada 250 pcs masker yang dibagikan.

“Masker yang kita bagikan adalah hasil karya kami sendiri, beli kain kemudian dijahit sehingga bisa terhindar dari penularan Covid-19,” tukas Iggy Nahak.

“Kita tetap mengimbau masyarakat agar tidak panik namun tetap harus menjaga kebersihan”, pungkasnya.

Salah satu penjual sayur di pasar Beiabuk, Maria Hoar, setelah menerima masker hasil karya dari mahasiswa-mahasiswa tersebut mengaku senang karena masker tersebut terbuat dari kain.

“Sehingga ketika kotor bisa dicuci dan bisa pakai kemabli untuk berjualan. Terimakasih anak-anak, sudah peduli terhadap kami orang kecil. Niat baik kamu semua akan dibalas dikemudian hari”, ujar Maria.

Seperti diketahui, Covid-19 merupakan virus yang berasal dari keluarga virus SARS and MERS yang menyebabkan penyakit mulai dari gejala ringan sampai berat. Virus ini merupakan virus jenis baru yang belum pernah diidentifikasi sebelumnya pada manusia, yang kemudian pertama kali diidentifikasi di kota Wuhan, China pada Desember 2019. (Jes/Red)

2 COMMENTS

  1. Profesiat buat ade 2……
    Kiranya yang Maha Kuasa selalu memberikan rejeki buat niat baik kalian.
    Neon ida laran Ida

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here