BETUN, GARDAMALAKA.COM – Bupati Malaka, Stefanus Bria Seran menggelar kampanye penggunaan masker bagi warga, Senin (6/4/2020) di Lamea, Wewiku, Perbatasan TTS-Malaka demi mencegah Covid-19.

Bupati menghimbau agar warga tetap waspada dengan covid19 dengan menghindari kerumunan banyak orang.

Kampanye penggunaan masker ini sebagai wujud konkrit untuk mengimplementasikan himbauan WHO dalam rangka mengeliminasi penyebaran Covid-19 khusus di Kabupaten Malaka.

Bupati Malaka, akrab dikenal SBS, menjelaskan di hadapan petugas tim Covid di Perbatasan malak-TTS dan warga pelintas batas,  tentang pentingnya menggunakan masker bagi warga termasuk petunjuk teknisnya.

“Virus itu hidupnya seperti ikan yang hidup di dalam air sehingga bila tidak ada airnya maka ikan itu akan mati. Covid 19 itu hidup dan berkembang melalui air liur manusia dan dahak sehingga kita wajib menggunakan masker untuk mengeliminir penyebaran virus itu”, Jelas Bupati SBS.

Menurut SBS, sedapat mungkin masker dijahit bila tidak ditemukan dijual di apotek atau toko. Sebelum dikenakan, masker sebaiknya dicuci dengan air panas terlebih dahulu sehingga bersih dan terhindar dari virus.

“Dan lebih penting untuk pemakaian masker itu paling lama empat jam jangan lebih lama dan setelah itu bisa dicuci atau diganti dengan yang baru agar bersih dan steril”, kata SBS mengakhiri. (Jes/red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here