VATIKAN, GARDAMALAKA.COM – Kita tidak sendirian menghadapi pandemi covid-19 karena Kristus memberi kita kekuatan. Jangan takut, bukalah hatimu untuk Cinta-Ku.

Demikian sekiranya kutipan homili Paus Fransiskus yang disampaikan pada perayaan Ekaristi Minggu Palma, Minggu (5/4/2020) di Basilika Santo Petrus, Vatikan melalui live streaming YouTube Channel “Vatican News”.

Paus memimpin misa tanpa kehadiran umat sebagaimana biasanya. Pandemi coronavirus membuat perayaan kali ini hanya bisa disiarkan, memanfaatkan teknologi masa kini.

Hal ini menjadi yang pertama sepanjang sejarah gereja Katolik Roma, seperti dilansir “Avvenire“, Kamis (2/4/2020) lalu.

Hadir menemani Paus Fransiskus di dalam gereja beberapa suster, beberapa pria, dan paduan suara “Cappella Sistina” yang tampil dalam formasi lebih sedikit yang mengiringi perayaan Ekaristi.

Selain itu, ada juga Kardinal Angelo Comastri, uskup agung Basilika Vatikan.

Suasana Misa Minggu Palma di Basilika Santo Petrus Vatikan (Sumber: Vatican News)

Sekilas Kutipan Homili Paus Fransiskus

Dalam homilinya, Paus Fransiskus menyampaikan perkataan yang meneguhkan hati umat: kita tidak sendirian dalam menghadapi pandemi.

Kata Sri Paus, sekalipun saat ini kita dihadapkan pada begitu banyak kepastian yang runtuh, di antara begitu banyak harapan yang dikhianati (ditinggalkan), namun Yesus yang memegang hati kita, berkata kepada masing-masing: ‘Jangan takut, bukalah hatimu untuk cinta-Ku!’.

Dan kita akan merasakan penghiburan dari Allah, yang mendukung kita. Jadi kita juga bisa dan harus mendukung orang lain.

“Kita mencoba membangun relasi dengan mereka yang menderita, mereka yang sendirian dan membutuhkan. Kita tidak hanya memikirkan apa yang kita lalui, tetapi juga tentang kebaikan yang bisa kita lakukan”, demikian Sri Paus dalam kotbahnya.

Paus mengingatkan seluruh umat Katolik bahwa hidup tak akan berguna jika tidak melayani.

Suasana Misa Minggu Palma-Dihadiri Beberapa Suster dan Kardinal yang Bersedia Menemani Paus Fransiskus (Sumber: Vatican News)

Secara khusus Paus Fransiskus berbicara kepada orang-orang muda, agar tampil sebagai pelayan bagi banyak orang sebagaimana Yesus Kristus telah mencontohkannya.

Sri Paus mengajak agar orang muda berani tampil seperti Yesus, membawa terang dan cahaya, bukan untuk sebuah popularitas, uang atau kesuksesan melainkan untuk melayani.

Bapa Suci menghimbau agar orang muda tidak takut berkorban bagi Tuhan dan orang lain, sebab buah dari pengorbanan itu akan didapatkan kembali. Karena hidup adalah hadiah yang diterima dengan memberi diri sendiri.

BACA JUGA:
Vatikan Pastikan Perayaan Triduum dan Minggu Paskah Dipimpin Sri Paus dan Disiarkan Media

“Kegembiraan terbesar adalah mengatakan ya untuk mencintai, tanpa jika dan tanpa tetapi, seperti Yesus telah melakukannya bagi kita”, demikian Paus Fransiskus dalam homilinya.

Di akhir pesannya kepada kaum muda, Bapa Suci meminta orang-orang muda untuk terus memupuk dan bersaksi tentang harapan, kemurahan hati, solidaritas yang (tentu) kita semua butuhkan di masa-masa yang sulit ini.

Seluruh perayaan, baik Triduum maupun Misa Minggu Paskah akan disiarkan melalui berbagai media publikasi (Facebook, YouTube, TV Italia, dan lainnya) sebagaimana telah diberitakan sebelumnya oleh media Konferensi Waligereja Italia, “Avvenire“.

Umat di seluruh dunia diharapkan sedapat mungkin mengikuti program misa live sreaming melalui saluran baik di tingkat paroki, keuskupan, ataupun di Vatikan. (Kaka/Red)

BACA JUGA:
Misa Minggu Palma di Paroki Tukuneno Disiarkan Lewat Live Streaming

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here