Halaman Basilika Santo Petrus, Vatikan (Foto: Dok. Vatican News)
Halaman Basilika Santo Petrus, Vatikan (Foto: Dok. Vatican News)

VATIKAN, GARDAMALAKA.COM
Takhta Vatikan melalui Pemimpin Perayaan Kepausan, Monsinyur Guido Marini, memastikan perayaan ritus Paskah yang dipimpin Paus Fransiskus akan disiarkan melalui live streaming, radio dan televisi.

Dilansir media Konferensi Waligereja Italia, Avvenire, Kamis (2/4/2020) bahwa apa yang akan terjadi pada Pekan Suci mendatang (perayaan melalui media online, TV dan radio) merupakan sebuah keadaan yang belum pernah ada sebelumnya.

Akan tetapi kondisi darurat yang disebabkan pandemi yang sedang dihadapi menjadi alasan perayaan Triduum dan Paskah tidak dihadiri umat. Apalagi kita tahu bersama bahwa pandemi Covid-19 telah menyebabkan banyak manusia menjadi korban termasuk umat Gereja, beberapa hari belakangan.

Dalam kaitan itu, pemberitahuan resmi tentang bagaimana upacara Paskah dapat atau seharusnya dirayakan telah disampaikan pada Rabu (1/4/2020) lalu melalui dekrit khusus oleh Kongregasi untuk Ibadah Ilahi dan disiplin Sakramen.

Halaman Basilika Santo Petrus, Vatikan Tempat di mana Paus Fransiskus sering gelar Misa pada saat Paskah dan Hari Raya lainnya (Foto: Dok. Vatican News)
Halaman Basilika Santo Petrus, Vatikan Tempat di mana Paus Fransiskus sering gelar Misa pada saat Paskah dan Hari Raya lainnya (Foto: Dok. Vatican News)

BACA JUGA:
Seruan dan Doa Paus Fransiskus Di Balik Berkat “Urbi et Orbi” Menghadapi Wabah Virus Corona

Sehubungan dengan langkah-langkah ini, tulis majalah Katolik Italia, “Avvenire” bahwa pembaruan telah terjadi pada kalender perayaan liturgi Minggu Suci yang akan dipimpin Paus di Basilika Santo Petrus.

“Apa pun mode yang ditawarkan, perayaan liturgi Pekan Suci akan disiarkan langsung di radio dan televisi, juga di seluruh dunia, dan dalam streaming di situs web Vatican News, dan gambar akan didistribusikan oleh Media Vatikan ke media yang meminta bergabung”, kata Matteo Bruni, Direktur Kantor Pers Takhta Suci, sebagaimana dikutip dari “Avvenire”, Jumat (3/4/2020).

Dijelaskan lebih lanjut bahwa semua fasilitas media akan dimanfaatkan untuk menyiarkan secara langsung perayaan Trihari-suci (Triduum), semisal YouTube, TV Italia dan lain sebagainya.

Diharapkan langkah yang ditempuh ini dapat membantu umat dalam mengikuti dan merayakan Pekan Suci dan Minggu Paskah bersama keluarga. (Kaka/Red).

BACA JUGA:
Umat Katolik Harus Tahu: Makna Berkat “Urbi et Orbi” dan Indulgensi Penuh

3 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here