Virus Corona atau 2019-nCov (Foto: NIAID-MRL)

JAKARTA, GARDAMALAKA.COM – Empat WNI (Warga Negara Indonesia) di Jepang terpapar Virus corona atau lengkap disebut coronavirus (2019-nCoV).

Virus ini semakin masif berkembang, dan membuat banyak negara cemas karena virus mematikan tersebut, tak terkecuali Indonesia.

Memperhatikan merebaknya virus yang menyerang saluran pernapasan ini, World Health Organization (WHO) telah mengumumkan darurat kesehatan global. Seluruh negara pun dihimbau untuk waspada terkait menyebarnya virus yang diketahui bermula di China tersebut.

Perkembangan virus Corona yang sangat intens ini menyebabkan banyak penduduk dunia mulai terpapar. Beberapa warga negara Indonesia (WNI) pun diketahui sudah positif terpapar.

Terbaru, berdasarkan informasi yang dilaporkan KBRI Tokyo melalui laman website resminya, Jumat (21/2/2020), hingga tanggal 20 Februari terdapat empat WNI di Jepang positif terpapar Corona.

Keempat WNI tersebut sebelumnya dikarantina di atas kapal Diamond Princess yang bersandar di pelabuhan Yokohama di sebelah Selatan ibukota Tokyo.

Dilaporkan, sudah ditangani secara medis. Dua WNI dirawat di RS di Chiba, sedangkan dua lainnya dirawat di RS di Selatan Tokyo.

Sebagaimana informasi yang dirilis KBRI Tokyo, terdapat 78 WNI yang menjadi pekerja di atas kapal Diamond Princess, berbendera Inggris. Kapal tersebut baru saja kembali dari pelayaran round-trip dari Yokohama (dekat Tokyo) dan berakhir 14 hari kemudian setelah mampir sebentar di Okinawa, Hongkong.

“Sisa 74 WNI lainnya masih di atas kapal sambil menunggu tes kesehatan dilalui sebagai syarat untuk dinyatakan bebas COVID-19 dan diperbolehkan terjun lagi ke masyarakat di Jepang”, tulis KBRI Tokyo.

Gambar mikroskop elektron pemindaian ini menunjukkan SARS-CoV-2 (kuning) – juga dikenal sebagai 2019-nCoV, virus yang menyebabkan COVID-19 – diisolasi dari pasien di AS, tampak di lab. permukaan kultur sel (biru / merah muda). (Foto: NIAID-MRL)

Terkait kabar terpaparnya 4 dari 78 WNI di Jepang ini, Presiden Jokowi menyatakan telah menerima kabar melalui KBRI Tokyo.

Pemerintah Indonesia memastikan tetap melakukan komunikasi dan menyampaikan bantuan logistik, sambil terus membahas kondisi 78 WNI dengan otoritas di Jepang.

“Melalui KBRI Tokyo, pemerintah senantiasa berkomunikasi dan menyampaikan bantuan logistik, sambil terus membahas kondisi mereka dengan otoritas di Jepang”, kata Presiden Jokowi seperti dikutip dari akun Presiden Joko Widodo pada Jumat (21/2/2020).

Presiden memohon doa seluruh rakyat Indonesia untuk kesembuhan para WNI yang sedang dirawat, dan perlindungan Tuhan bagi yang sedang menjalani karantina di atas kapal Diamond Princess sehingga segera kembali ke Tanah Air. (Felix)

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here