BETUN, GARDAMALAKA.COM – Seorang Pemuda asal Malaka, Felix Seran Bria yang kini merantau di Ibukota negara, Jakarta mempersiapkan masa depannya sebagai pengusaha sukses ternak kambing dengan mengembangkan usaha peternakan kambing di kampung halamannya, Loe, Desa Badarai, Kecamatan Wewiku, Kabupaten Malaka, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Usaha beternak kambing adalah usaha peternakan dan pengembangan kambing yang sudah lazim dilakukan kebanyakan orang. Itu sebabnya, pemuda tamatan S1 Peternakan Universitas Timor (Unimor) ini mulai mengembangkan usaha ternak kambing sejak akhir 2017.

Diungkapkannya kepada gardamalaka.com, Kamis (13/2/2020) melalui sambungan phone, peluang mengembangkan ternak kambing sangat besar. Pasarnya pun sangat fantastis. Apalagi di Ibukota negara, saudara-saudara muslim sering membutuhkan kambing pada saat lebaran Idul Adha atau lebaran haji.

Ternak Kambing milik Felix Seran Bria, Pemuda Perantau asal Loe, Badarai (Foto: Dok. Pribadi)

“Saya melihat peluang ini sangat bagus. Maka di akhir 2017 lalu saya kembali ke kampung dan mulai merintis usaha ternak kambing. Saya memulai dengan membeli 10 ekor kambing”, tuturnya.

Dalam perkembangannya, pada pertengahan tahun pertama (2018) kambing peliharaannya bertambah jumlah menjadi 30 ekor, dan di penghujung tahun berkembang menjadi 42 ekor.

Felix menambahkan, pada akhir tahun 2018 sebetulnya kambing miliknya sudah ada 80 ekor. Namun karena kebutuhan ekonomi beberapa ekor dijual untuk mendapatkan uang.

“Memang berat ketika akan memulai. Tapi itu tidak berlaku bagi orang yang sungguh-sungguh punya niat maju”, kata dia.

Tambahnya, anak muda harus banyak akal untuk dapat hidup baik di masa depan. Karena itu, segala kemampuan bisa dikerahkan untuk merintis usaha apa saja. Seiring berjalannya waktu pasti akan dirasakan manfaatnya.

“Saya memiliki konsep besar. Di tahun-tahun mendatang saya harus pastikan bahwa saya adalah peternak kambing tersukses di Malaka”,  ungkap alumnus program studi peternakan Unimor 2011 tersebut.

Lokasi Peternakan Kambing milik Felix Seran Bria (Foto: Dok. Pribadi)

“Walaupun sekarang saya di Jakarta, tapi saya selalu kontrol ternak kambing saya melalui orang-orang saya yang merawat selama ini. Apalagi jumlah kambing saya makin bertambah, dan hingga saat ini (2020) sudah mencapai 72 ekor (jantan dan betina)”, tandas Felix.

Dia memperkirakan, di akhir tahun 2020 jumlah ternak kambingnya sudah mencapai 170 -an ekor (jumlah yang cukup untuk segera mencarikan pasar) karena jumlah kambing betina yang dia miliki mencapai 50 ekor, dengan perhitungan normal setiap kambing betina dapat bereproduksi 2 kali dalam setahun sesuai siklusnya.

Dia menambahkan, orang muda jangan sampai malu untuk melakukan usaha sejenis ini; bahwa pekerjaan tidak semata-mata ada di dalam kantor atau ruangan. Bisa juga di luar ruangan.

“Kerja di luar ruangan, ya, jadi pebisnis (pengusaha)”, tutup putera kelahiran Loe, 35 tahun silam ini. (Sipri)

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here